Diet penyakit lambung pdf

Ulkus lambung disebabkan oleh rusaknya pertahanan mukosa lambung.

DIIT PADA PENYAKIT LAMBUNG

Walaupun telah terdapat daerah sebar, pembedahab sudah dapat dilakukan sebagai tindakan paliatif. Kemudian ia mengeluarkan enzim urease yang menghasilkan amoniak dan meningkatkan pH sekitar mikroorganisme tersebut.

Adanya peningkatan asam lambung yang berlebihan menghasilkan gelembung-gelembung gas di dalam lambung sehingga seseorang merasakan kembung. Ada dua kalsifikasi gastritis, yaitu: Pendorongan makanan terjadi secara gerakan peristaltik setiap 20 detik b.

Rencana Asuhan Keperawatan Edisi 3,Jakarta: Makanan ini cukup energi, protein, vitamin C, tetapi kurang toamin. Makanan berbebtuk lunak, porsi kecil serta diberikan berupa 3 kali makanan lengkap dan kali makanan selingan. Padahal tujuan diet penyakit lambung adalah untuk memberikan makanan dan cairan secukupnya yang tidak memberatkan lambung dan mencegah dan menetralkan sekresi asam lambung yang berlebihan.

Diet Penyakit Lambung

Manifestasi yang terjadi pada pasien dapat berupa disfagia, dyspepsia, diare, konstipasi hematenesis, melena dan hematokesia. Antrum pylorus merupakan muara bagian distal dan berlanjut ke duodenum. Osteum dapat tertutup oleh lipatan membran mukosa dan serta otot pada dasar esophagus.

Diet saring mempunyai efek signifikan pada keasaman lambung atau penyembuhan ulkus.

Makalah Diet Lambung

Injuri mukosa gaster oleh H. Lapisan epitel tidak mampu memproduksi prostaglandin yang merangsang sekresi bikarbonat sehingga bikarbonat berkurang dan suasana di lambung menjadi sangat asam.

Namun para penyelidik berpendapat bahwa komposisi makanan merupakan faktor penting dalam kejadian karsinoma Gaster. Pada batas dengan esophagus terdapat katup sfingter kardiak 2. Metaplasia ini juga menyebabkan hilangnya sel mukosa pada lapisan lambung, sehingga akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah lapisan mukosa.

Hal ini tentu akan memperparah kondisi penderita. Buku Saku pathofisiologi. Makanan berbentuk lunak atau biasa bergantung pada toleransi pasien Makanan inii cukup diet penyakit lambung pdf dan zat gizi lainnya.

Obat-obatan yang menyebabkan terjadinya ulkus lambung. Itulah sebabnya diet untuk penyakit lambung konsumsi proteinnya tidak boleh terlalu tinggi atau cukup sesuai kebutuhan agar sekresi asam lambungnya tidak meningkat sehingga tidak memperparah keadaan penderita.

Makanan diberikan berupa susu dan bubur susu, hanya diberikan selama 2 hari dalam porsi kecil tiap 3 jam. Gastritis Kronik: Latar Belakang Lambung merupakan sebuah kantung muskuler yang letaknya antara esophagus dan usus halus, sebelah kiri abdomen di bawah diafragma.

Semakin banyak makanan yang masuk maka lambung mendorong dan memeras isinya atau akan melakukan gerak peristaltic semakin lama. Rokok d. Cairan cukup, terutama bila ada muntah Tidak mengandung bahan makanan atau bumbu yang tajam, baik secara termis, mekanis, ,maupun kimia dusesuaikan dengan daya terima perorangan Laktosa rendah bila ada gejala intoleransi laktosa; umumnya tidak dianjurkan minum susu terlalu banyak.

Diet penyakit lambing ini terbagi: Dengan terdapatnya asam klorida HCl yang diproduksi lambung, sebelum makanan bereaksi asam, pati sebesar mungkin akan diubah menjadi disakharida.

Diet Lambung I, diberikan kepada pasien ulkus peptikum akut, ulkus peptikum dengan perdarahan, esofagitis, gastritis akut, dan tifus abdominalis berat.

Lambung menyekresikan lipase lambung lipase gastrik yang pada manusia merupakan lipase prodeudenal utama. Mukosa lambung terdiri atas 3 tipe sistem pertahanan: Melalui gerakan kontraksi lambung, makanan akan dicerna hingga menjadi cair chymus.

Demam tifoid adalah infeksi demam sistemik akut yang nyata pada fogosit mononuclear dan membutuhkan tatanama yang terpisah. Dalam keadaan pasien dengan penyakit lambung memnugkinkan bahwa lambung sebagai organ pencernaan mengalami luka atau ulkus.GAMBARAN UMUM —– Penyakit lambung atau gastrointestinal meliputi gastritis akut dan kronik, ulkus peptikum, pasca operasi lambung yang sering diikuti dengan ”dumping sindrome” dan kanker lambung.

· diet penyakit lambung Indikasi: Diberikan kepada penderita tukak lambung (sakit maag). Dapat juga diberikan pada penderita radang lambung (gastritis), diare.

· Diet lambung II diberikan sebagai perpindahan dari diet lambung I, kepada pasien dengan ulkus pektikum atau gastritis kronis dan tifus abdominalis ringan. Makanan berbentuk lunak, porsi keci serta deberikan berupa 3 kali makanan lengkap dan 2 – 3 kali makanan selingan.

Makanan ini cukup energy, protein, vitamin C, tetapi kurang tiamin. Pengaturan Makanan Diet lambung dapat juga diberikan kepada pasien dengan gangguan saluran cerna seperti radang lambung (gastritis) radang oesopagus, radang usus besar, thypus abdominalis, dan setelah operasi saluran cerna.

· Tujuan diet pada penyakit lambung adalah memberikan makanan adekuat (cukup), tidak merangsang, dapat mengurangi pengeluaran cairan lambung, dan menetralkan kelebihan asam lambung.

Syarat diet ini adalah mudah dicerna, porsi makanan kecil dan diberikan sering, protein cukup untuk mengganti jaringan yang rusak, serta makanan secara berangsur harus memenuhi kebutuhan.

DIET PENYAKIT LAMBUNG. DIET PENYAKIT LAMBUNG 1. PATOFISIOLOGI PENYAKIT LAMBUNG ATAU GASTROINTESTINAL. Menurut Almatsier (), saluran cerna adalah system yang sangat kompleks dan merupakan saluran yang berfungsi untuk mencerna makanan, mengabsorbsi zat gizi dan mengeksresi sisa-sisa pencernaan.

Diet penyakit lambung pdf
Rated 4/5 based on 38 review