Pengaturan berat badan keperawatan

Pengaruh status gizi ibu terhadap kejadian BBLR Bila ibu mengalami kekurangan gizi selama hamil akan menimbulkan masalah, baik pada ibu maupun janin, seperti diuraikan berikut ini: Penampakan fisik sangat tergantung dari maturitas atau lamanya gestasi; kepala relatif lebih besardari badan, kulit tipis, transparan, banyak lanugo, lemak sub kutan sedikit, osifikasi tengkoraksedikit, ubun-ubun dan sutu lebar, genetalia immatur, otot masih hipotonik sehingga tungkaiabduksi, sendi lutut dan kaki fleksi, dan kepala menghadap satu jurusan.

Risiko ini berhubungan dengan jumlah alkohol yang diminum setiap harinya, usia kehamilan saat ibu hamil minum alkohol dan lamanya ibu tersebut mengkonsumsi minuman beralkohol. Perthankan pemberian O2 1.

Beri popok dan selimut sesuai kondisi 2. Tetapi diagnosis dini dapat ditegakkan jika cukup waspada terhadap perubahan kelainan tingkah laku bayisering merupakan tanda infeksi umum.

Anemia defisiensi besi merupakan salah satu gangguan yang paling sering terjadi selama kehamilan. Hal ini dapat diterangkan bahwa pada setiap kehamilan yang disusul pengaturan berat badan keperawatan persalinan akan menyebabkan perubahan-perubahan pada uterus.

Meningkatnya kkal untuk bertumbuh.

Kaji refleks menghisap dan menelan 4. Radiasi Radiasi yaitu: Beberapa penulis mengemukakan bahwa ibu hamil yang merokok lebih sering melahirkan bayi yang lebih kecil dibanding ibu hamil yang tidak merokok.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Kehilangan panas disebabkan oleh permukaan tubuh bayi yang realtif lebih luas bila dibandingkan dengan berat badan, kurangnyua jaringan lemak dibawah kulit, dan kekurangan lemak coklat Brown Fat.

Ibu dengan pendidikan yang cukup akan melakukan hal-hal yang diperlukan oleh bayi. Penyakit yang berhubungan langsung dengan kehamilan misalnya toksemia gravidarum, perdarahan antepartum, trauma fisis dan psikologis.

Hal ini jelas berpengaruh positif terhadap pertumbuhan janin dalam kandungannya. Di penelitian diatas juga diakatakan diet sayur dan buah sama dengan efek dari penggunaan obat anti hipertensi.

Menurut Kloosterman perbedaan ini dapat mencapai gram pada kehamilan 40 minggu. Setelah minggu ke mulai terdapat perbedaan antara pertumbuhan janin laki-laki dan perempuan. Sedangkan pada bayi lebih besar dapat diberi makan dalam posisi dipangku. Hepar yang belum matang immatur Mudah menimbulkan gangguan pemecahan bilirubin, sehingga mudah terjadi hyperbilirubinemia kuning samai ikterus 5.

Pengaturan Intake Pengaturan intake adalah menentukan pilihan susu, cara pemberian dan jadwal pemberian yang sesuai dengan kebutuhan bayi BBLR. Bayi BBLR sangat mudah mendapat infeksi. Pengaruh kadar haemogloin ibu terhadap kejadian BBLR Anemia dapat didefenisikan sebagai kondisi dengan kadar Hb berada dibawah normal.

Oleh karena itu, bayi BBLR tidak boleh kontak dengan penderita infeksi dalam bentuk apapun. Untuk mencegah hypotermi, perlu diusahakan lingkungan yang cukup hangat untuk bayi dan dalam keadaan istrahat konsumsi oksigen paling sedikit, sehingga suhu tubuh bayi tetap normal.

Timbang BB tiap hari. Kekurangan gizi juga dapat menimbulkan keguguran, abortus, bayi lahir mati, kematian neonatal, anemia pada bayi, asfiksia intra partum mati dalam kandungandan lahir dengan berat badan lahir rendah BBLR.

Ibu hamil peminum alkohol mempunyai risiko untuk melahirkan bayi dengan fetal alcohol syndrome. Malnutrisi pada awal kehamilan mengakibatkan terbentuknya organ-organ yang lebih kecil dengan ukuran sel normal dan jumlah sel yang kurang secara permanen, sedangkan malnutrisi pada kehamilan lanjut mengakibatkan terbentuk organ yang lebih kecil dengan jumlah sel yang cukup dan ukuran sel yang lebih kecil, sehingga dapat menimbulkan cacat bawaan.

Bayi dengan berat badan lahir rendah dapat merupakan hasil dari umur gestasi yang pendek dengan kecepatan pertumbuhan janin yang normal, umur gestasi yang normal dengan kecepatan pertumbuhan janin yang terganggu, atau umur gestasi yang pendek dengan kecepatan pertumbuhan janin yang terganggu.

Kolaborasii untuk X foto thorax 2.

Pernapasan Fungsi pengaturan pernapasan belum sempurna Surfaktan paru-paru masih kurang, sehingga perkembangannya tidak sempurna Otot pernapasan dan tulang iga lemah Dapat disertai penyakit: Kadar laktase juga rendah sampai sekitar kehamilan 34 minggu.

Pelarut yang digunakan untuk mengelupas plester juga harus dihindari karena cenderung mengeringkan dan membakar kulit lembut. Panduan intervensi Williams et al menyarankan pendekatan diet pengaturan pola makan untuk menghentikan Hipertensi Dietary Approaches to Stop Hypertension atau DASH melalui rencana pengaturan pola makan.Masalah pokok bayi berat lahir rendah adalah pengaturan suhu badan bayi agar tidak terjadi hipotermia, pemberian makanan agar pertumbuhan meningkat, dan mencegah terjadinya infeksi oleh karena daya tahan yang belum kuat.

4) Pengaturan panas disesuaikan dengan berat badan dan kondisi tubuh. 5) Pengaturan oksigen selalu diobservasi. 6) Inkubator harus ditempatkan pada ruangan.

Penentuan jenis MEP yang tepat harus dilakukan dengan pengukuran antropometri yang lengkap (tinggi badan, berat badan, lingkar Keperawatan Trauma Mekanik Mata Perdarahan Badan Kaca Darah berasal dari badan siliar, koroid dan retina. Online Samurai Shop - Fachhandel für Samuraischwerter in Hotline  · Zertifizierter FachhandelSeit Ihr Deutscher Fachhandel für japanische Samuraischwerter.

Berat badan lahir rendah (BBLR) Merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari gram atau sampai dengan gram.

(Hidayat, ). (Hidayat, ). Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari gram tanpa memperhatikan usia gestasi (Wong, ).Author: Doni Ice.

· share asuhan keperawatan pasien berat badan lahir rendah A. PENGERTIAN Bayi berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir.

Pengaturan berat badan keperawatan
Rated 4/5 based on 78 review