Skema metabolisme lipid

Pengertian Metabolisme Lipid Dan Prosesnya

Kelebihan lemak Obesitas Obesitas adalah proporsi lemak tubuh yang berlebihan. Selanjutnya kolesterol mengalami steroidogenesis membentuk steroid.

Zat antara pada sintesis asam lemak berikatan kovalen dengan gugus sulfhidril pada protein—pembawa asil ACPsedangkan zat antara pada pemecahan asam lemak berikatan dengan koenzim A.

Lemak termodifikasi ketika fosfat mengganti salah satu rantai asam lemak. Trigliserida merupakan cadangan energi penting dari sumber lipid.

Pencernaan Lemak oleh Tubuh Makanan-makanan yang mengandung lemak dicerna oleh tubuh melalui serangkaian tahapan panjang, baik secara mekanis maupun kimiawi. Lipid kompleks, terdiri atas lipoprotein dan skema metabolisme lipid 4.

Pengertian Metabolisme Lipid Serta Proses Maupun Fungsinya

Setiap gliserol mungkin berikatan dengan 1, 2 atau 3 asam lemak yang tidak harus sama. Steroid tidak mengandunga asam lemak dan tidak dapat dihidolisis. Jika salah satu orang tua memiliki berat badan berlebihan, maka sang anak juga memiliki resiko besar mengalami hal serupa. Jenis-jenis lipid Skema metabolisme lipid beberapa jenis lipid yaitu: Untuk mengetahui pengelompokkan lipid 4.

Sebagai penahan goncangan dan pelindung bagi organ vital tubuh. Struktur kimia sfingomielin perhatikan 4 komponen penyusunnya Kolesterol Selain fosfolipid, kolesterol merupakan jenis lipid yang menyusun membran plasma. Kebanyakan lipid ditemukan dalam kombinasi dengan senyawa sederhana lainnya seperti ester lilin, trigliserida, steril ester dan fosfolipidkombinasi dengan karbohidrat glikolipidkombinasi dengan protein lipoprotein.

Cairan yang disekresikan hepatosit hati ini adalah zat yang mampu mengemulsikan lemak dan merubah ukurannya menjadi kali lebih kecil dari ukuran semula. Adapun anabolisme adalah proses pembentukan atau penyusunan senyawa organik sederhana menjadi senyawa kompleks.

Tahap pertama oksidasi asam lemak tidak jenuh adalah pembentukan asilkoenzim A. Asam amino yang beredar melalui darah dan masuk ke jaringan tubuh, di mana mereka disintesis kembali menjadi protein. Untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh dari proses oksidasi ini kan diberikan contoh oksidasi linoleat.

Sfingolipid Sifongolipid adalah fosfolipid yang tidak diturunkan dari lemak. Di dalam sel ini asam lemak dan monogliserida segera dibentuk menjadi trigliserida lipid dan berkumpul berbentuk gelembung yang disebut kilomikron.

Berdasarkan komponen dasarnya, lipid terbagi ke dalam lipid sederhana simple lipidlipid majemuk compound lipiddan lipid turunan derived lipid.

Contohnya benzena, eter, dan kloroform.Metabolisme protein adalah deskripsi dari proses fisik dan kimia yang menyebabkan baik pembentukan atau sintesis, asam amino menjadi protein dan pemecahan, atau. · Proses Metabolisme Lipid.

Metabolisme lipid atau lemak berlangsung didalam hati atau hepar.

Pengertian Metabolisme Protein

Dilakukan oleh enzin lipase yang terdapat dalam getah usus dan getah pancreas. Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energy utamanya ialah berasal dari lipid netral yakni trigliserid.

Hasil pencernaan lipid ialah asam lemak dan gliserol selain itu juga ada yang masih berupa monogliserid.5/5(5). Lemak merupakan salah satu unsur penting yang mendukung metabolisme dan tumbuh kembang manusia. Lemak terbagi menjadi 2 jenis, yaitu lemak nabati dan lemak hewani.

Metabolisme lipid atau lemak dalam tubuh terjadi dalam hati/hepar. Dalam darah lemak berbentuk kolesterol, metabolismenya memerlukan uraian yang sangat panjang. Yang penting untuk diketahui dalam rangka menjaga kesehatan tubuh adalah kadar kolesterol dalam darah, total kolesterol agar diusahakan tidak melebihi angka Kadar HDL (disebut kolesterol baik) agar lebih dari 45 dan LDL.

hermawanbtl

· Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak). Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid.

Penghitungan energi hasil metabolisme lipid Dari uraian di atas kita bisa menghitung energi yang dihasilkan oleh oksidasi beta suatu asam lemak. Misalnya tersedia sebuah asam lemak dengan 10 atom C, maka kita memerlukan energi 2 ATP untuk aktivasi, dan energi yang di hasilkan oleh oksidasi beta adalah 10 dibagi 2 dikurangi 1, yaitu 4 kali oksidasi beta, berarti hasilnya adalah 4 x 5 = 20 ATP.

Skema metabolisme lipid
Rated 3/5 based on 3 review